Pages

Thursday, October 11, 2012


 Meningkatkan Intelektualitas melalui Ukm olahraga
di Universitas Paramadina
         
 Pada dasar nya, manusia mengerti akan kebutuhan rohani dan jasmani. Semua itu adalah pondasi agar tubuh manusia tetap sehat dan mempunyai pikiran positif. Apabila kedua nya tercapai oleh semua manusia, maka manusia tersebut bisa di ibaratkan sebagai : “Di dalam jiwa yang sehat terdapat mental yang kuat”. Kebutuhan tersebut harus terpenuhi agar di dalam lingkungan bermasyarakat bisa menjadi panutan bagi semua lapisan masyarakat.
Pengertian olahraga sangat lah kompleks dan beragam. Olahraga ialah suatu aktivitas yang memerlukan pikiran, kekuatan dan semangat agar kebutuhan jasmani maupun rohani terpenuhi dengan baik. Jika kita meneliti bahwa satu dari banyak nya  pengaruh terhadap kegiatan olahraga ialah intelektual pada setiap individu manusia. Intelektual mempunyai definisi yang konkrit, Intelektual adalah cerdas, berakal, dan berfikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan yang dipelajari dari akademik maupun non-akademik. Apabila diperinci lebih dalam, akademik mempunyai contoh yang relevan, seperti : bidang pendidikan, norma-norma dan peraturan yang berlaku. Adapun non-akademik juga mempunyai tingkatan di dalam masyarakat, seperti : lingkungan pergaulan dan agen masyarakat.
Bidang akademik dan non-akademik turut mengambil alih dalam pembentukan jasmani dan rohani. Maka dari itu, saya mengrucutkan ke dua bidang tersebut di lingkungan Universitas Paramadina. Universitas Paramadina ialah tempat pembelajaran manusia-manusia baru untuk  menanamkan nilai akademik, moral, dan perilaku. Sehingga menjadi manusia yang bisa berpengaruh dalam pembangunan bangsa. Keunggulan Universitas ini adalah mengedepankan nilai kegiatan dalam  mahasiswa, sehingga mempunyai dua transkrip ijasah dibidang akademik dan non-akademik. Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM), merupakan organisasi yang beranggotakan mahasiswa lintas prodi yang mempunyai minat dan bakat yang sama dalam hal apapun. Universitas Paramadina mempunyai Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang sangat membangun jasmani dan rohani terhadap mahasiswa nya. Jenis-jenis ukm tersebut ialah :
1.      UKM T-ta
2.      UKM kafha
3.      UKM Basket
4.      UKM Softball
5.      UKM Capoeira
6.      UKM Taekwondo
7.      UKM Bulu tangkis
8.      UKM Paramadinachoir
9.      UKM futsal dan sepak bola
10.   UKM khatulistiwa(Pecinta alam)
11.   UKM Paramadina Sosial Care (PSC)
12.   UKM Paramadina Magazine(Parmagz)
13.   UKM Paramadina debate house (PDH)
Kelebihan Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) di Paramadina ialah membina mahasiswa agar mempunyai jiwa fighting spirit dalam mengejar prestasi. Prestasi bukan hanya di bidang kompetisi atau perlombaan  melainkan dalam bidang menuntut ilmu di perkuliahan Paramadina. Diharapkan  semua mahasiswa mempraktekan  intelektualitas nya pada kegiatan belajar sehari-hari. Agar tercipta nya prestasi di bidang akademik yang dapat membanggakan.
Di dalam suatu aktifitas pasti mempunyai manfaat yang sangat berlimpah, apa saja manfaat yang bisa diambil dari Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) di Paramadina,  antara lain :
1.      Memberikan pengalaman di bidang organisasi
2.      Mempunyai rasa solidaritas antar mahasiswa
3.      Daya Intelektualitas dalam berkarya
4.      Menyehatkan jasmani dan rohani
5.      Pintar dalam berorganisasi sosial
6.      Mempunyai semangat tinggi
7.       Dan Pantang menyerah
Manfaat seperti diatas, memungkinkan mahasiswa mempuyai cikal bakal penerus bangsa dan membanggakan orang tua nya masing-masing. Jika semua mahasiswa tersebut mempunyai track record di dalam kehidupan yang baik dan benar, maka masa depan mereka sangatlah cerah. Oleh karena  itu, tetap mempertahankan prestasi agar mempunyai daya juang yang tinggi dalam meraih mimpi cita-cita yang ingin dicapai.
Dari aktifitas Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) pembentukan karakter semua mahasiswa mulai dibentuk, membangun  intelektualitas yang tinggi dalam bersosialisasi dan berorganisasi menjadikan para mahasiswa mampu  membaur dalam  kehidupan  masyarakat yang dinamis. Maka dari  itu, hal yang membangun jiwa dan rohani bisa dikembangkan dari aktifitas apapun tetapi harus didalam ketatanan sosial seperti : perilaku, norma, dan peraturan yang berlaku. Agar tercipta nya mutu dan karakteristik intelektual setiap individu mahasiswa di Universitas Paramadina.


No comments:

Post a Comment