Pages

Friday, October 5, 2012

Pengaruh terhadap masyarakat akibat kemacetan di jakarta



Pengaruh terhadap masyarakat akibat kemacetan di jakarta

Masyarakat Indonesia khusus nya Jakarta sering sekali mendengar kata Macet, bahkan merasakan rasa stress pada saat mereka terjebak macet. Menurut pemikiran saya, Pengertian kemacetan dalam lalu lintas sangat lah beragam, dan saya mengambil satu kesimpulan bahwa kemacetan ialah adanya kepadatan kendaraan baik mobil maupun motor yang mengakibatkan lalu lintas menjadi tersendat atau menumpuk di satu titik jalan raya. Hal itu memberikan pengaruh kepada masyarakat dari materil sampai non-materil. Apa itu pengaruh materil dan non-materil terhadap masyarakat?
Seperti kita ketahui, setiap kejadian pasti memberikan dampak yang sangat luar biasa, jika kita meneliti dan berfikir bahwa banyak pengaruh terhadap kemacetan. Masyarakat juga tidak menyadari pengaruh tersebut memberikan hal buruk, seperti materil:
1.      Bahan bakar, tanpa disadari semakin berkurang dan menjadi habis membuat masyarakat merogoh kocek kantong nya lebih dalam lagi untuk membeli bahan bakar. Hal ini mengakibatkan timbul nya pemborosan bahan bakar maupun pengeluaran, namun masyarakat tidak memperdulikan itu.
2.      Subsidi Bahan Bakar Minyak, Pemerintah menggalangkan bahan bakar minyak bersubsidi bagi masyarakat yang tidak mampu pada akhir-akhir tahun ini. Untuk membantu dan meringankan masyarakat yang berpenghasilan rendah agar perekonomian nya tercukupi. Di satu sisi, Masyarakat kalangan menengah atas harus mengisi bahan bakar kendaraan  dengan bahan bakar minyak non-subsidi, namun fakta dilapangan mengatakan lain dengan keadaan peraturan tersebut. Kendaraan mewah nan elegan mengisi bahan bakar subsidi untuk keperluan mereka. Hal ini memberikan pembengkakan distribusi bahan bakar subsidi, apabila itu terjadi  mungkin suatu saat nanti bahan bakar bersubsidi menjadi langka dan diberhentikan untuk pendistribusian nya.
3.      Mesin kendaraan, kita ketahui bahwa dalam  menggerakan kendaraan harus dengan mesin yang saling berkaitan. Perhatikan jika sedang terjebak kemacetan   mesin kendaraan lama- kelamaan akan cepat panas apabila dipakai terus-menerus. Dan ini mengakibatkan rusakan kecil didalam sistem mesin, sehingga masyarakat lebih sering menyervis dengan budget yang tidak terlalu murah.
Setiap kejadian pasti memberikan dampak yang sangat luar biasa terhadap kelangsungan hidup masyarakat khusus nya Ibukota jakarta. Dalam kondisi saat ini tidak memungkinkan apabila pengaruh tersebut hanya tentang materil, ada satu hal buruk  di masyarakat yang masih belum mengerti, seperti Non-materil :   
1.      Kesehatan, menyinggung kesehatan sangat kompleks apa penyebab nya dan kenapa bisa terjadi, jawaban itu kita bisa dapati apabila merasakan kemacetan. Apabila diselidiki,  minimal pengendara mengendarai kendaraan adalah ± 2 jam, Terutama pengendara yang bergelut dengan kemacetan lalu lintas. Mereka rawan dan rentan terkena beragam penyakit. Asap, debu dan polusi udara kendaraan yang sudah bercampur, didukung cuaca tak menentu. Dalam sehari terjadi pagi panas yang menyengat, siang atau sore hujan turun, begitu sebaliknya. Kandungan zat paling berbahaya bersamaan dengan hujan memudahkan terhirup lewat lubang aliran pernapasan. Jika diabaikan atau dianggap sepele tak heran dalam waktu dekat, efeknya dirasakan sendiri. Seperti muncul gejala batuk kering hingga rawan terkena penyakit infeksi saluran pernafasaan(ISPA).
2.      Kejiwaan, faktor kejiwaan sangat berpengaruh di dalam lingkungan masyarakat baik lingkungan kerja maupun di lingkungan pendidikan, contoh: agen masyarakat dan lingkungan akademik. Faktor kejiwaan akan berubah apabila di latarbelakangi  dengan rasa ketidak puasan terhadap sesuatu yang sedang dilakukan. Seperti contoh kemacetan lalu lintas di ibukota jakarta yang semakin hari semakin tidak jelas kepadatan nya. Adanya timbul rasa jenuh dan tingkatan stess yang mulai memuncak apabila terjebak padat nya lalu lintas. Masyarakat mulai resah dan gelisah karena perkembangan jalanan di ibukota selalu jalan ditempat dan tak ada perubahan yang berarti.
Pengaruh terhadap masyarakat akibat kemacetan di jakarta, saya kelompok kan dari materil sampai non-materil adalah buah pemikiran saya. Pada dasar nya, saya mewakili sebagai masyarakat jakarta dan Ini adalah curahan hati masyarakat jakarta. Perkembangan populasi kendaraan semakin meningkat, masyarakat  menginginkan  Transportasi massal yang nyaman untuk membantu masyarakat. Mereka tidak ingin pertambahan jalan raya di jakarta karena dapat menimbulkan masalah baru, seperti :
1.      Pertumbuhan kendaraan semakin meningkat
2.      Kemacetan baru di jalan raya Ibukota jakarta
3.      Ruang terbuka hijau kembali tergusur
4.      Pembebasan lahan menjadi senketa, dll.
Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang kebijakan pemerintah dan Dinas Pekerjaan Umum(PU) harus memberikan solusi untuk mengatasi masalah tahunan jakarta. Masyarakat selalu menunggu solusi itu karena Pemegang kekuasaan ada di tangan mereka.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment